PENDIDIKAN SEIMBANG
Masa akan terus berkembang seiring dengan
kehidupan manusia yang selalu bergerak mengikuti alur perubahannya. Kemajuan
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terus meningkat hingga menembus ruang dan waktu
yang tidak terbatas.Sementara realitas moral yang semakin hari semakin ironis
sekali.
Kondisi tersebut adalah bukti yang sangat nyata
bahwa telah terjadi ketidakseimbangan (‘adamul at-Tawazun) antara
kondisi fisik, psikis, social, cultural, serta spiritual. Di satu sisi Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi yang semakin berkembang memberikan kemaslahatan yang
sangat besar terhadap kehidupan umat, namun di sisi lain realitas kemunduran
moral telah mengubah manusia menjadi seorang yang tidak sesuai dengan harapan
masyarakat.
Banyak orang yang kaya namun kemudian menjadi
hina karena harta yang dimilikinya.Banyak ilmuwannamun
semakin sombong dengan ilmu yang dimilikinya.Ini adalah realitas yang tak bisa dihindari.Sementara
umat semakin menderita terjebak kebijakan yang tak berpihak.Tentu saja hal ini
mendorong orang untuk berperilaku jahat tanpa batas.Ini sungguh kondisi yang
sangat terpuruk.
Para ulama sepakat bahwa kondisi yang kacau ini
terjadi karena manusia sudah lupa dengan syariat Islam.Islam yang dibawa oleh
seorang Teladan yang mulia (uswatun hasanah) yang membawa misi
perdamaian untuk mewujudkan kesejahteraan sebagai rahmat bagi seluruh alam (rahmatan
lil ‘alamin) justru seolah jauh dari realitas yang terjadi.
Ini adalah problematika umat yang harus
dibenahi hingga akhirnya Islam betul-betul menjadi agama yang membawa
ketentraman bagi seluruh pemeluknya hingga seluruh manusia di muka bumi (rahmatan
lil ‘alamin).
Atas dasar pemiikiran tersebuk Kami mendirikan Lembaga Pendidikan Yang dipadukan antara Progran dinas Pendidikan dengan Pendidikan Pondok Pesantren dengan nama SMP INSPIRASI yang berbasis Pondok Pesantren Terpadu yang beralamat di Dusun Pamokolan Desa Pamokolan Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis.. Dengan Pendidikan yang Seimbang Antara IQ,SQ dan SQ kami berharap siapapun yang terlibat didalamnya terutama Peserta didik mendapatkan pendidikan yang seimbang.
Adapun target lulusan yang kami harapkan adalah agar menjadi Generasi Yang :
a.
Memiliki keyakinan/ aqidah yang bersih (salimul
‘aqidah);
b.
Dapat beribadah dengan benar (shohihul
‘ibadah);
c. Hapal Al-Qur an
(tahfifdzul
Quran)
d.
Berakhlak mulia (matinul khuluq);
e. Kesungguhan terhadap dirinya (mujahidun li
nafsihi);
f. Memiliki fisik yang kuat (qowiyyul jism);
g. Memiliki wawasan yang luas (mutsaqoful fikr);
h. Memiliki kemampuan berpenghasilan/ berusaha (qodirun
‘alal kasbi);
i. Menghargai setiap waktunya (haritsun ‘ala
waqtihi);
j. Dapat berorganisasi (munazhomun ‘ala su’nihi);
k. Bermanfaat untuk orang lain (nafi’un li
ghoirihi).
Strategi yang akan dikembangkan adalah dengan
melakukan optimasi Keterpaduan program Diknas dan Pondok Pesantren demi terwujudnya maksud
dan tujuan di atas dengan memperhatikan tiga indikator pendidikan ( kognitif ,afektif dan psikomotorik) Taqwa, Cerdas dan Terampil,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar