Senin, 08 Agustus 2016

SMP INSPIRASI

PENDIDIKAN SEIMBANG
 
Masa akan terus berkembang seiring dengan kehidupan manusia yang selalu bergerak mengikuti alur perubahannya. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terus meningkat hingga menembus ruang dan waktu yang tidak terbatas.Sementara realitas moral yang semakin hari semakin ironis sekali.
Kondisi tersebut adalah bukti yang sangat nyata bahwa telah terjadi ketidakseimbangan (‘adamul at-Tawazun) antara kondisi fisik, psikis, social, cultural, serta spiritual. Di satu sisi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin berkembang memberikan kemaslahatan yang sangat besar terhadap kehidupan umat, namun di sisi lain realitas kemunduran moral telah mengubah manusia menjadi seorang yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat.
Banyak orang yang kaya namun kemudian menjadi hina karena harta yang dimilikinya.Banyak ilmuwannamun semakin sombong dengan ilmu yang dimilikinya.Ini adalah realitas yang tak bisa dihindari.Sementara umat semakin menderita terjebak kebijakan yang tak berpihak.Tentu saja hal ini mendorong orang untuk berperilaku jahat tanpa batas.Ini sungguh kondisi yang sangat terpuruk.
Para ulama sepakat bahwa kondisi yang kacau ini terjadi karena manusia sudah lupa dengan syariat Islam.Islam yang dibawa oleh seorang Teladan yang mulia (uswatun hasanah) yang membawa misi perdamaian untuk mewujudkan kesejahteraan sebagai rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil ‘alamin) justru seolah jauh dari realitas yang terjadi.
Ini adalah problematika umat yang harus dibenahi hingga akhirnya Islam betul-betul menjadi agama yang membawa ketentraman bagi seluruh pemeluknya hingga seluruh manusia di muka bumi (rahmatan lil ‘alamin).
Atas dasar pemiikiran tersebuk Kami mendirikan Lembaga Pendidikan Yang dipadukan antara Progran dinas Pendidikan dengan Pendidikan Pondok Pesantren dengan nama SMP INSPIRASI yang berbasis Pondok Pesantren Terpadu yang beralamat di Dusun  Pamokolan Desa Pamokolan Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis.. Dengan Pendidikan yang Seimbang Antara IQ,SQ dan SQ kami berharap siapapun yang terlibat didalamnya terutama  Peserta didik mendapatkan pendidikan yang seimbang.
Adapun target lulusan yang kami harapkan adalah agar menjadi Generasi  Yang :


a.     Memiliki keyakinan/ aqidah yang bersih (salimul ‘aqidah);
b.     Dapat beribadah dengan benar (shohihul ‘ibadah);
c.     Hapal Al-Qur an  (tahfifdzul Quran)
d.     Berakhlak mulia (matinul khuluq);
e.     Kesungguhan terhadap dirinya (mujahidun li nafsihi);
f.     Memiliki fisik yang kuat (qowiyyul jism);
g.     Memiliki wawasan yang luas  (mutsaqoful fikr);
h.     Memiliki kemampuan berpenghasilan/ berusaha (qodirun     ‘alal kasbi);
i.      Menghargai setiap waktunya (haritsun ‘ala waqtihi);
j.      Dapat berorganisasi (munazhomun ‘ala su’nihi);
k.     Bermanfaat untuk orang lain (nafi’un li ghoirihi).

         Strategi yang akan dikembangkan adalah dengan melakukan optimasi Keterpaduan program Diknas  dan Pondok Pesantren demi terwujudnya maksud dan tujuan di atas dengan memperhatikan tiga indikator pendidikan ( kognitif ,afektif dan psikomotorik) Taqwa, Cerdas dan Terampil,

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar